Follow by Email

Selasa, 03 Mei 2011

HIKMAH (1)

MENGAPA BAYI MENANGIS SAAT LAHIR KEDUNIA

Seorang ibu tentu akan merasa senang ketika mendengartangisan pertama kali sang buah hati saat dilahirkan. Karena ini menjadi bukti bahwa sang bayi lahir dengan selamat. Rasa sakit di detik-detik perjuangan saat melahirkan seolah pupus sudah tatkala sang Ibu melihat bayi mungil yang keluar dari rahimnya menangis dengan keras. Inilah satu-satunya tangisan seorang bayi yang tidak pernah membuat sang Ibu manapun merasa kesal, sedih atau bahkan marah, namun sebaliknya senyum simpul dan rasa lega yang terpancar pada wajah sang ibu seakan menggambarkan rasa bahagia menyambut kedatangan sang buah hati.

Telah menjadi ketetapan bahwa setiap bayi yang lahir pasti menangis, kecuali bayi yang lahir tanpa ruh didalamnya, atau telah meninggal ketika dalam konten. Tapi tahukah mengapa bayi yang lahir selalu menjerit menangis ?.

Islam  mampu menjawab setiap pertanyaan ini dari sudut pandang Al Qur'an dan Sunah. Sebagai Muslim tentu kita harus percaya akan setiap konten yang ada di dalam al Qur'an dan as Sunah. Karena al Qur'an dan Sunah adalah satu-satunya pedoman dan sumber hidup yang mampu mengabarkan serta mengungkap perihal hal-hal yang gaib, jadi tidak ada salahnya Islam menjawab semua pertanyaan ini . Tidaklah manusia mengetahui tentang hal-hal yang gaib kecuali sedikit .

Seperti yang saya kemukakan di atas bahwa setiap bayi yang lahir ke dunia selalu di tandai dengan suara tangis, berdasarkan hadist Nabi saw yang disampaikan oleh Ibnu Abbas , ia berkata " Tidak ada seorang anak yang lahir, kecuali ia menangis .... "(HR. Ad -Darami). Tentunya bayi di sini adalah bayi yang lahir dengan ruh yang masih menancap di tubuh si bayi. Hanya Maryam dan anaknya, nabi Isa, saja yang lahir dengan tidak disertai tangisan seperti umumnya bayi yang sedang lahir. Bukankah Allah Maha Besar atas segala sesuatu.

Sejak pertama kali kita menatap dunia ini, menghirup nikmatnya udara di dunia ini, setan ternyata telah berupaya mengoda kita. Mereka menggoda kita agar senantiasa menjauhi ajaran-ajaran yang dibawa oleh Nabi saw. Rasulullah pun tak lepas dari berbagai tipu muslihat setan yang selalu menyertainya, bedanya Rasulullah ada yang selalu melindungi, yaitu Allah Ta'ala, sehingga ia senantiasa terhindar dari tipu daya setan. Terus apa hubungannya antara setan yang mengikuti bayi sejak lahir dengan tangisan mereka saat dilahirkan?.

Tentu ada hubungannya, usut dan diusut, ternyata bayi-bayi itu menangis disebabkan karena mereka ditikam oleh iblis laknatullah, tepatnya dibagian perut mereka, dan ini tidak dapat dilihat oleh manusia secara kasat mata, tapi dapat di rasakan oleh sang bayi sehingga mereka merasa sakit dan akhirnya menangislah bayi tersebut.

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah , ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah bersabda, 'tidak ada seorang anak Adam yang lahir kecuali di pegang oleh setan ketika ia dilahirkan, sehingga ia berteriak menangis karena pegangan setan, kecuali maryam dan anaknya.' "Hal ini juga disampaikan oleh Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Ad Darami, beliau berkata, " Tidak ada seorang anak yang lahir, kecuali ia menangis, setan memegang perutnya hingga ia menangis kecuali Isa putra maryam ".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar