Follow by Email

Minggu, 22 Mei 2011

WANITA MAHLUK TUHAN TERMULIA

Ada tradisi dalam agama Islam yang mengharuskan Azan dan Qamat apabila seorang bayi lahir kedunia. Bila bayi laki-laki, maka harus di Azankan dulu baru di Qamatkan. Bila bayi perempuan maka cukup hanya di Qamatkan saja. Hal ini bermakna bahwa laki-laki itu harus dipanggil masuk surga karena lelaki itu bukan penghuni surga. Sedang perempuan tidak perlu dipanggil masuk surga, makanya cukup hanya diqamatkan karena memang dia adalah penghuni surga.

Dalam riawayat (Kitab Suci) semua agama (tanpa ada perbedaan) hal ini telah dikisahkan pada proses awal kejadian manusia, yaitu Adam dan Hawa sebagai cikal bakal dan nenek moyang manusia.

Dalam Al Quran maupun Kitab Perjanjian Lama mengisahkan bahwa Adam itu diciptakan Allah SWT dari luar surga, kemudian dimasukkan kedalam surga. Dalam kesepiaannya di surga itulah kemudian Allah SWT menciptakan Hawa dari tulang rusuk Adam.

Jadi kesimpulannya, bahwa Adam itu diciptakan oleh Allah SWT dari luar surga sedangkan Hawa diciptakan didalam surga. Hawa adalah mahluk surga dan Adam adalah mahluk diluar surga. Dari sinilah kemudian dikatakan bahwa perempuan atau wanita itu adalah mahluk paling mulia, lebih mulia dari laki-laki.

Sebenarnya, tanpa menggunakan pendekatan agama pun kita juga sudah memahami kemuliaan wanita, bahwa hanya wanitalah yang mampu menampung 2 (dua) roh sekaligus (yang sangat berat imlpikasinya) didalam tubuhnya, yaitu ketika hamil. Demikian juga dalam riwayat agama-agama sebagaimana disebutkan diatas, bahwa wanita atau perempuan bisa melahirkan tanpa laki-laki tetapi laki-laki tidak akan mungkin bisa memperoleh keturunan tanpa perempuan.

Perempuan sudah jelas lebih mulia dari laki-laki, hanya sayangnya kebanyakan perempuan tidak memahami kemuliaannya itu. Bahkan derajat kemuliaannya itu terkadang mereka rendahkan, mengeksploitasi diri, menjual kehormatan, atau dengan mempertontonkan aurat, bukan lagi dengan harga paling rendah tetapi 'gratis'.

Semoga tulisan ini bisa menyadarkan anda, para kaum Hawa bahwa anda adalah mahluk Tuhan paling mulia, bukan mahluk Tuhan paling seksi.

2 komentar: